Francesco Bagnaia Juara MotoGP Mandalika 2023

Sport KitaHasil MotoGP Mandalika 2023. Balapan yang berlangsung 27 lap di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), minggu (15/10/2023) siang WIB dimenangkan oleh juara dunia 2022, Francesco Bagnaia, walaupun start dari posisi ke-13.

Maverick Vinales dari Aprilia Racing finis kedua, disusul pembalap Yamaha Fabio Quartararo yang melengkapi podium ketiga.

Bacaan Lainnya

Sementara itu pemenang sprint race MotoGP Mandalika, Jorge Martin yang sempat memimpin balapan gagal finis karena terjatuh di tikungan ke-11 pada lap ke-13, begitu juga dengan Marc Marquez mengalami hal yang sama seperti Jorge Martin.

Jalannya Balapan

Juara dunia MotoGP 2022 Francesco Bagnaia, sempat mengalami tekanan usai posisi pertama rider championship disalip Jorge Martin seusai sprint race pada Sabtu (14/10/2023). Bagnaia sendiri start diposisi ke-13.

Ketika balapan dimulai, Jorge Martin mengawali balapan dengan sangat baik. Pembalap Pramac Ducati tersebut start dari posisi keenam, lagsung merangsek ke posisi terdepan pada lap pertama.

Sementara Bagnaia sendiri juga mengawali balapan dengan baik. Dia naik ke urutan kelima dan kemudian keempat setelah Luca Marini alami crash karena disenggol Brad Binder.

Pada lap ketiga, Bagnaia berhasil mengambil alih peringkat ketiga. Namun, dia masih tertinggal jauh dari Maverick Vinales yang ada di tempat kedua.

Fabio Quartararo yang semula ada diposisi ketiga, usai disalip Bagnaia, semakin menurun, ia dilewati oleh Aleix Espargaro dan Brad Binder, yang membuat posisi Quartararo ada di tempat keenam. Binder kemudian kena hukuman long lap penalty

Pada lap keenam, Binder menjalani hukuma penalti karena insidennya yang menjatuhkan Marini, sehingga posisinya turun ke peringkat ke-10, Quartararo naik ke posisi 5.

Pada lap kedelapan, Marc Marquez terjatuh pada tikungan ke-13. Sang pembalap Repsol Honda itu juga gagal finis pada sprint race, Sabtu (14/10/2023) kemarin.

Di lap ke-13, Jorge Martin mengalami kecelakaan di tikungan ke-11. Maverick Vinales naik ke peringkat pertama, dan Bagnaia diurutan kedua. Quartararo yang sebelumnya berhasil melewati Aleix Espargaro diposisi ketiga.

Pecco Bagnaia terus membuntuti Vinales. Pada lap ke-20, Bagnaia akhirnya berhasil mengambil alih pimpinan balapan dari Vinales.

Pada lap ke-22, Quartararo semakin dekat dengan Vinales. Dia hanya terpaut 0,2 detik dari Vinales yang menempati urutan kedua. Vinales terus ditekan oleh Quartararo hingga lap terakhir. Namun, sampai balapan usai posisi tidak berubah, Bagnaia pertama diikuti Vinales dan Quartararo diposisi kedua dan ketiga.

Hasil Race MotoGP Mandalika 2023:

  1. Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)
  2. Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
  3. Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
  4. Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP22)
  5. Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
  6. Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
  7. Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
  8. Enea Bastianini ITA Ducati Lenovo (GP23)
  9. Alex Rins SPA LCR Honda (RC213V)
  10. Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
  11. Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
  12. Miguel Oliveira POR RNF Aprilia (RS-GP22)
  13. Raul Fernandez SPA RNF Aprilia (RS-GP22)
  14. Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)

Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)
Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)
Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)
Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)*
Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
Pol Espargaro SPA Tech3 GASGAS (RC16)

Baca berita kami di GOOGLE NEWS

Pos terkait

Tinggalkan Balasan